Twentythree Zone

NAMA TOMBOL
FUNGSI
F1-F2
Tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan system operasi atau aplikasi, contohnya F1 digunakan untuk menu help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang dijalankan.
ESP ( ESCAPE )
Tombol yang digunakan sama dengan tombol cancel, yaitu membatalkan perintah.
ENTER
Tombol yang keguanaannya sama dengan tombol OK, yaitu untuki menyatakan bahwa operasi itu betul atau selesai.
TAB
Menekan Tombol TAB berarti pindah ke field atau daerah isian atau piliha berikutnya.
BACKSPACE
Berguna pada saat proses pengitikan. Menekan tombol ini akan mengakibatkan karacter huruf disebelah kiri kursor akan dihapus.
DELETE
Sama seperti Backspace tetapi disini huruf yang dibelah kanan kursor yang akan dihapus.
HOME
Menekan Tombol ini akan mengakibatkan kursor pindah ke awal baris dimana kursor berada.
END
Menekan tombol ini akan mengakibatkan kursor akan berpindah ke akhir baris dimana kursor berada.
PAGE UP
Akan mengakibatkan kursor berpindah keatassejauh satu layar dari kursor berada.
PAGE DOWN
Akan mengakibatkan kursor berpindah kebawah sejauh satu layar dari kursor berada.
Tanda Panah ( ←↑→↓ )
Menggerakan penunjuk karacer atu kursor sesuai arah anak panah bersangkutan

FUNGIS UTAMA KEYBOARD SEBAGAI ALAT INPUT
Keyboard adalah sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk pengetikan kalimat dan simbol-simbol khusus lainya pada komputer.
Fungsi Keyboard itu sendiri seperti melakukan pengetikan-pengetikan untuk menyusun sebuah kalimat atau angka-angka, melakukan perintah-perintah pada komputer, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan yang nanti akan kita lihat di layar monitor.

PERBEDAAN ANTARA KEYBOARD QWERTY DAN DVORAK.
1. Keyboard QWERTY : Keyboard Qwerty elum memberikan beban yang sama untuk jari- jari tangan kiri dan tangan kanan. Untuk orang yang biasa bekerja dengan tangan kanan (right handed) ternyata tangan kiri hanya berfungsi 60 % dari waktu yang disediakan walaupun sudah menggunakan pengetikan sistim 10 jari akibatnya tangan kanan akan lebih cepat lelah. Tombol- tombol yang ada pada baris tengah yang paling mudah dicapai oleh jari tangan kanan maupun kiri ternyata hanya ditekan 30 % dari waktu pengetikan, sehingga jari-jari lebih sering melompat ke baris atas maupun ke baris bawah dan ini akan menimbulkan beban tersendiri pada pergelangan tangan. Untuk pengetikan dalam bahasa Inggris yang banyak menggunakan huruf: a, e, h, i, l, n, o, r, s, t (10 huruf utama), ternyata hanya 4 buah huruf yang berada di baris tengah dan ini akan menambah beban kerja pada jari karena jari lebih sering melompat ke baris atas dan bawah. Selain dari itu, perintah-perintah tambahan pada keyboard sebagian besar terletak pada bagian kanan keyboard yang berarti akan menambah beban kerja pada tangan kanan. Dengan demikian maka beban kerja pada jari tangan kanan dan tangan kiri belum bisa seirnbang, akibatnya sudah barang tentu adalah keluhan nyeri otot.
2. Keyboard DVORAK : dibuat sedemikian rupa, sehingga 56 % ketukan ada pada tangan kanan dan jari-jari yang bekerja lebih banyak adalah jari telunjuk, jari tengah dan jari manis. Huruf-huruf yang ada pada baris tengah lebih sering diketuk kira-kira sampai 70 % dan perpindahan antar baris hanya sekitar 10 % sehingga kelelahan jari-jari sangat banyak berkurang.

JENIS-JENIS KEYBOARD :
Keyboard dibedakan menjadi 4, yaitu:

a.Keyboard Serial

Menggunakan Din 5 male dan biasanya digunakan pada computer tipe At

b. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada computer tipe ATX dan paling banyak digunakan, portnya sama dengan mouse.

c. Keyboard wirellessKeyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung koneksi yang digunakan infra red,wifi ataupun Bluetooth.

d. Keyboard USBKomputer terbaru saat ini sudah menggunakan jenis konfistor USB yang menjamin menstransfer data yang lebih cepat.

Categories:

Leave a Reply